Tema

Konferensi nasional ini mengundang para ilmuwan komunikasi dan bidang sosial lainnya untuk mengirim naskah akademik dan hasil riset terkait dengan peran dan kontribusi kajian bidang komunikasi dalam konteks dominasi milenial dalam era digital dari perspektif berikut ini:

1. Perspektif Komunikasi Politik Digital untuk Generasi Millenial

Memasuki tahun pemilihan umum, suasana Politik yang kian kental semakin terasa. Sebuah perspektif Komunikasi Politik bagi generasi milenial juga akan diangkat dalam forum ini. Mencoba melihat bagaimana seorang politisi membuat citra diri, melakukan kampanye, dan memasarkan dirinya bagi pemilih milenial di era digital. Komunikasi politik mencakup kaitan antara multi-modalitas, konteks situasi, dan proses sebagai titik awal untuk menganalisa dan mendiskusikan beragam praktik komunikasi politik.

Topik:

  • Personal branding
  • Political marketing
  • Political PR

2. Jurnalisme Digital bagi Generasi Millenial

Di era kemajuan digital, berbagai aspek mengalami kemajuan teknologi, tidak terlepas industri jurnalistik juga terkena dampaknya. Digitalisasi konten media mulai terasa kuat sejak jurnalisme online mendapatkan ruang segar pada 1998 silam. Seiring kian dominannya generasi milenial, pengelola media perlu merumuskan secara serius ‘meremajakan’ pembacanya ke generasi milenial. Mereka adalah pembaca berita yang sejak remaja sudah menjadi digital native semenjak remaja. Generasi milenial ini dianggap malas membaca namun sangat aktif dalam mengakses informasi dan berinteraksi melalui media sosial.

Topik:

  • Combating Disinformation and Misinformation
  • Innovation-based Storytelling
  • New form of journalism / Convergence media
  • Elections-related coverage and analysis

3. Komunikasi Strategis di Tengah Generasi Digital

Tantangan saat ini ialah mengelola pesan dengan audiens generasi milenial. Sajian iklan dan kampanye yang kreatif saja belum cukup untuk menarik perhatian generasi milenial. Salah satu tantangan yang harus bisa dijawab oleh praktisi komunikasi adalah menyuguhkan pesan yang mudah dipahami dan menjelaskan manfaatnya secara langsung kepada audiens.

Topik:

  • Komunikasi Pariwisata
  • Komunikasi Lingkungan
  • Komunikasi Bencana (mitigasi bencana)
  • Komunikasi Pemasaran
  • Public Relations / Kehumasan

Comments are closed.